Kemampuan Seni dan Teknologi Lewat Oppo Find X

November 10, 2017

OPPO secara resmi meluncurkan OPPO Find X di Museum Louvre, Paris, baru-baru ini.  Perangkat flagship yang menggabungkan teknologi inovatif dengan desain memukau ini hadir dalam dua versi: OPPO Find X dengan spesifikasi 8GB+256GB dan VOOC serta OPPO Find X Automobili Lamborghini Edition.


Mengeksplorasi Keindahan: Desain Panorama yang Menyatu


Desain panorama Find X memiliki siluet yang memukau karena menghadirkan penampang tanpa lubang receiver serta layar yang mencapai masing-masing bagian sisi perangkat. Layar tersebut diberi nama Panoramic Arc Screen, di mana OPPO menggunakan teknologi COP flexible screen untuk menghadirkan rasio layar sebesar 93,8%. Kedua hal ini membuat Find X sangat menyenangkan untuk dilihat dan digunakan.


Find X hadir dengan dua pilihan gradasi warna – Bordeaux Red dan Glacier Blue. Dibuat melalui proses Multifaceted Color, perangkat ini menghadirkan gradasi warna yang sangat cocok dengan bentuk 3D Arc. Saat terang, Find X bersinar layaknya kristal dan aliran air, memberikan efek warna-warni yang akan terus berubah seiring dengan perubahan kondisi cahaya di mana pengguna berada.


Mengeksplorasi Kehalusan: Kamera 3D Tersembunyi


Find X menggunakan inovasi terbaru yang mampu menyembunyikan kamera di bagian dalam smartphone. Ketika tidak digunakan, kamera akan tersembunyi di balik eksterior yang menawan. Namun, ketika diaktifkan, kamera akan muncul dari bagian atas perangkat untuk membuka perangkat dan memotret. Proses ini telah didesain agar mampu berjalan secara natural dan fungsional. Selain itu, Find X juga memiliki kemampuan menutup secara otomatis jika terdeteksi akan jatuh; menyeimbangkan keindahan desain dengan daya tahan penggunaan.


Kamera 3D tersembunyi ini tidak hanya terdiri dari kamera depan 25MP dan kamera belakang 16MP + 20MP, tetapi juga modul 3D Structured Light yang terdiri atas begitu banyak komponen berteknologi tinggi, seperti Flood Illuminator, Infrared Camera, Proximity Sensor, Dot Projector, Receiver, dan RGB Camera. Berbagai teknologi tersebut memungkinkan Find X untuk memproyeksikan 15.000 titik di wajah pengguna dan membuat skema tiga dimensi yang tepat dari wajah pengguna, agar setelahnya dapat dibandingkan dengan foto wajah pengguna yang telah disimpan untuk membuka perangkat.


Pemindaian wajah tiga dimensi yang diberi nama O-Face ini memiliki rasio kesalahan sebesar 1/1.000.000. Artinya, teknologi ini lebih aman dari perangkat konvensional yang menggunakan pemindaian sidik jari dengan rasio kesalahan sebesar 1/50.000. Selain itu, penggunaan teknologi ini juga dapat digunakan untuk melakukan pembayaran melalui wajah di sistem Alipay, menjadikan Find X sebagai perangkat Android pertama yang memungkinkan hal tersebut.


Mengeksplorasi Keindahan Sesungguhnya: Terobosan 2D Menuju 3D


Ditenagai dengan 3D Structured Light, OPPO Find X membuat pengalaman fotografi menjadi semakin menyenangkan, terutama saat melakukan selfie. Find X memperkenalkan 3D Smart Selfie Capture yang memungkinkan perangkat untuk membuat model 3D dari wajah pengguna. Berdasarkan model 3D tersebut, teknologi AI akan menganalisis karakteristik wajah pengguna, seperti bentuk dan fitur wajah, agar kemudian dapat memberikan saran mengenai bagaimana membuat wajah 3D pengguna nampak semakin natural dan realistis.


Sebagai tambahan, kemampuan mengenali wajah tadi juga membuat Find X mampu memberikan berbagai efek cahaya terhadap foto wajah. Beberapa efek cahaya ini misalnya feature light yang menegaskan kontur wajah pengguna, bi-color light yang memberi simulasi lampu klasik neo warna biru dan merah, serta rim light yang mencerahkan warna kulit dan membuat kontur wajah menjadi lebih jelas.


Selain 3D Smart Selfie Capture, O-Face juga memiliki beberapa fungsi baru, seperti 3D Omoji. Para pengguna dapat memilih berbagai gambar menarik untuk membuat Omoji atau avatar mereka sendiri. Selanjutnya, Omoji ini dapat digunakan dalam video atau GIF, yang dapat dibagikan melalui aplikasi chatting.


OPPO Find X juga memberikan solusi fotografi di situasi pemotretan yang kurang kondusif seperti backlight. Teknologi pixel-level graded exposure dan sensor HDR 2.0 akan memperjelas perbedaan subjek foto dan latar belakang ketika mengambil selfie. Selain itu, pengguna juga tidak perlu lagi menduga-duga hasil foto, karena apa yang terlihat di layar akan ditampilkan secara langsung pada saat preview.


Lebih dari itu, OPPO Find X juga memudahkan pengguna untuk mengambil foto dengan bantuan AI Scene Recognition. Teknologi ini akan mengidentifikasi elemen-elemen pada gambar dan mengoptimalkan hasilnya; mendukung lebih dari 20 skenario fotografi dan lebih dari 800 kombinasi skenario yang melibatkan salju, makanan, binatang peliharaan, dan masih banyak lagi.


Mengeksplorasi Kecerdasan: ColorOS 5.1 AI System


OPPO selalu mengeksplorasi penggunaan AI untuk meningkatkan kenyamanan pengguna. Kali ini, OPPO Find X menyematkan Color OS 5.1 yang didasarkan pada Android 8.1, dan mengintegrasikannya dengan AIE engine dari prosesor Snapdragon 845. Kapabilitas AI ini membantu ColorOS 5.1 untuk mengerti kebutuhan pengguna secara lebih baik lagi dibandingkan dengan versi-versi sebelumnya.


Dari sisi prosesor, OPPO Find X dilengkapi dengan Snapdragon 845 sebagai generasi ketiga Qualcomm Mobile AI Platform. Prosesor ini menghadirkan fitur-fitur yang belum pernah ada sebelumnya, termasuk untuk kamera, gaming, asisten personal pintar, dan sistem keamanan yang canggih. Dilengkapi dengan Qualcomm® Hexagon™ 685 DSP, platform ini akan lebih kuat, cepat, dan cerdas dari pendahulunya.


OPPO Find X juga memiliki Google Assistant yang ditanamkan pada perangkatnya. Digabungkan dengan mikrofon daya konsumsi rendah yang memiliki modul digital signal processor (DSP), OPPO Find X dapat mengidentifikasi magnitudo suara di sekelilingnya secara cerdas, membuat Google Assistant tersedia setiap saat bagi para pengguna.


Mengeksplorasi Lebih Banyak Lagi: OPPO Find X Automobili Lambroghini Edition


Eksplorasi OPPO di masa depan tidak hanya terbatas pada produk. OPPO juga telah berhasil membuat kemitraan global strategis dengan brand supercar terkemuka, Automobili Lamborgini. Kemitraan yang disahkan pada peluncuran OPPO Find X ini akan berjalan selama tiga tahun ke depan. Pada OPPO Find X Automobili Lamborghini Edition, tekstur serat karbon yang banyak digunakan di mobil sport Lamborghini, akan menutupi badan ponsel. Tekstur dengan warna gelap berkualitas tinggi tersebut juga akan memberikan kesan yang lebih elegan bagi para pengguna OPPO Find X.


Selain tekstur serat karbon, edisi khusus ini memiliki logo Automobili Lamborghini dengan efek tiga dimensi yang disematkan melalui teknologi khusus. Jika dilihat dari sudut mana pun, logo ini akan tetap terlihat terpisah dari badan ponsel. Selain itu, edisi ini juga akan membawa teknologi SuperVOOC flash charge, yang memungkinkan kemampuan mengisi daya melebihi 50W untuk pertama kalinya. (Idr/Foto: Dok)


Berikan Ulasan

Menulis ulasan yang bagus dapat membantu orang lain menemukan tempat dan mengembangkan bisnis yang tepat untuk mereka:

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.